Vokalis Bee Gees Meninggal Dunia





108Jakarta.com, Kebon Jeruk - Salah satu anggota grup musik legendaris Robin Gibb meninggal dunia dalam usia 62 tahun akibat penyakit kanker yang lama dideritanya.

"Keluarga Robin Gibb dari The Bee Gees, mengumumkan dengan rasa duka mendalam bahwa Robin telah meninggal dunia setelah lama menderita kanker usus," demikian pernyataan resmi keluarga Robin.


"Keluarga meminta agar privasi mereka dihormati di masa-masa berkabung ini," lanjut pernyataan itu.


Gibb, yang lahir di Inggris itu, memulai karir musiknya saat membentuk Bee Gess bersama dua saudaranya Barry dan Maurice pada 1958.


Selanjutnya, grup ini menjadi salah satu kelompok musik yang paling banyak menjual rekaman sepanjang masa dengan berbagai lagu sukses selama enam dekade seperti Stayin' Alive, How Deep Is Your Love?, Massachusetts dan Night Fever.


Berbagai ucapan bela sungkawa mengalir dari seluruh penjuru dunia selain juga berbagai pujian atas prestasi Robin Gibb dan Bee Gees. Penyiar radio Paul Gambaccini menilai Gibb sebagai salah satu tokoh paling penting dalam sejarah musik Inggris.


Ketiga anggota Bee Gees ini lahir di Isle of Man, namun tumbuh besar di Manchester sebelum kemudian pindah ke Australia. Sepanjang karir musiknya, Bee Gees menjual tak kurang dari 200 juta kopi rekaman sejak lagu-lagu mereka sukses pada dekade 1960-an. "Bee Gees hanya kalah dari John Lennon dan Paul McCartney sebagai musisi Inggris paling sukses dalam sejarah," kata Gambaccini.


"Mereka tak hanya menulis lagu populer untuk dirinya sendiri, namun Bee Gees juga menghasilkan hits untuk Barbra Streisand, Diana Ross, Dionne Warwick, Celine Dion, Destiny's Child, Dolly Parton, Kenny Rogers dan masih banyak lagi," tambah Gambaccini.


Khusus soal Robin Gibb, Gambaccini menambahkan kredit khusus yaitu suaranya yang sangat khas. "Robin memiliki suara soul terbaik untuk musisi kulit putih. Dia sudah menyanyikan sebuah hit dalam usia 17 tahun, yaitu Massachusetts," papar dia.


Sementara itu, Mike Read yang adalah sahabat dekat keluarga Gibb mengatakan Gibb memang dianugerahi banyak telenta luar biasa. "Dia memiliki bakat menciptakan melodi, bakat untuk menciptakan lirik dan meninggalkan warisan yang luar biasa, sebuah katalog yang fenomenal," kata Read.


Sedangkan soal Bee Gees, Read mengatakan grup musik itu meninggalkan karya-karya yang tak lekang dimakan zaman. "Bee Gees memenangkan banyak penghargaan, piringan emas, platinum, Grammy dan banyak lagi," tambah dia.


Robin didiagnosa menderita kanker usus 18 bulan lalu. Kemudian dia divonis menderita kanker hati sebelum menjalani operasi dan kemoterapi. Saudara kembar Robin, Maurice meninggal dunia pada 2003 dalam usia 53 tahun. Sedangkan adiknya Andy, yang tidak bergabung dalam Bee Gees namun juga seorang musisi sukses, terlebih dulu meninggal dunia dalam usia 30 tahun pada 1988 lalu. (ary)



sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=14559487

Tidak ada komentar:

Posting Komentar