Tetap Asyik Libur Panjang di Kota Sendiri



Taman Suropati (detikFoto)
Tak perlu galau jika kehabisan tiket atau kamar penginapan untuk libur panjang akhir pekan kali ini. Berlibur di kota sendiri juga tak kalah asyik dengan pergi ke luar kota.

Beberapa tempat yang dianggap biasa di kota tinggal Anda ternyata bisa jadi destinasi liburan asyik. Hanya perlu menambah beberapa ide kreatif untuk menikmati kota Anda. DetikTravel, Rabu (16/5/2012) akan membantu Anda untuk memaksimalkan libur panjang akhir pekan kali ini.

1. Piknik di taman kota

Jika selama ini Anda hanya sekadar lewat taman kota, kini saatnya bermain di dalamnya. Bawalah makanan dan camilan kesukaan Anda untuk dinikmati di taman. Jangan lupa membawa kain untuk alas duduk di sana. Jangan lupa ajak teman atau keluarga untuk ikut piknik. Buku favorit atau mp3 player juga bisa jadi teman setia jika Anda sedang ingin sendiri.

Jakarta memiliki beberapa taman kota cantik yang bisa didatangi seperti Taman Suropati atau Taman Menteng. Bandung punya Taman Juanda, sedangkan Magelang punya Taman Kyai Langgeng yang terkenal dengan pesawatnya.

2. Seru-seruan di alun-alun

Alun-alun selalu ramai didatangi masyarakat setempat dan wisatawan. Datanglah ke alun-alun saat pagi dan sore atau malam hari. Biasanya pada pagi hari, para penjaja makanan tersebar di seluruh alun-alun. Sarapan di sana pasti asyik.

Pada sore atau malam hari, berbagai kegiatan biasanya berlangsung di sini. Mulai dari ngobrol-ngobol sampai breakdance. Anda pun bisa ikut kegiatan salah satu dari kelompok yang ada di sana. Alun-alun Yogya diisi komunitas sepeda sampai sulap. Sedangkan di Bukittinggi, alun-alun dipenuhi dengan penjual yang menawarkan makanan khas.

3. Wisata kuliner

Jelajahi kota Anda dan temukan makanan yang mungkin belum pernah Anda coba. Telusuri jalan-jalan yang belum pernah Anda lewati. Siapa tahu Anda bisa menemukan tempat makan baru!

Tanya ke teman atau kerabat mengenai tempat wisata kuliner yang bisa Anda datangi. Salah satu tempat asyik untuk wisata kuliner adalah pasar tradisional. Malang memiliki deretan pasar yang menjual makanan dan cemilan enak, Bandung punya Jalan Burangrang, atau berkunjunglah ke Pusat Jajanan REX di Aceh untuk menemukan berbagai makanan lezat.

4. Wisata sejarah


Mengingat lamanya penjajahan di Indonesia, rasanya hampir setiap kota memiliki sejarah dari masa penjajahan. Benteng dan gedung pemerintahan kuno tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia. Sebut saja Jakarta yang penuh dengan gedung tua masa pemerintahan Belanda di kawasan Kota Tua. Ada banyak benteng peninggalan Belanda di tanah Indonesia salah satunya di Tidore dan Makassar.

Lawang Sewu di Simpang Lima, Solo terkenal dengan kuno dan mistisnya. Sedangkan ada Galeri Seni Kunstkring di Menteng, Jakarta yang bisa jadi destinasi liburan dalam kota.

Jangan kehabisan ide jika tidak ada kesempatan ke luar kota. Masih banyak destinasi wisata yang bisa dijelajahi di dalam kota. Selamat liburan!

Alun-alun Kidul di Yogya (blog.travelpod.com)
Wisata kuliner di Bandung (detikFood)
Lawang Sewu (Angela Jennifer Aroemrasni - d'Traveler)




sumber :http://travel.detik.com/read/2012/05/16/184229/1918977/1025/tetap-asyik-libur-panjang-di-kota-sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar