Hebat! Nenek 73 Tahun Berhasil Taklukkan Puncak Everest

http://images.detik.com/content/2012/05/19/1148/watanabe-AFP-DLM.jpeg


Hebat! Seorang nenek asal Jepang berhasil menaklukkan gunung tertinggi di dunia, Mount Everest atau yang biasa disebut Pegunungan Himalaya. Wanita berusia 73 tahun ini bahkan berhasil memecahkan rekor dunia sebagai wanita tertua yang berhasil mencapai puncak Everest.

Tamae Watanabe (73) berhasil menginjakkan kakinya di puncak Mount Everest yang berada di ketinggian 8.848 meter ini, pada Sabtu (19/5) pagi waktu setempat. Pada Jumat (18/5) malam, Watanabe berhasil mencapai ketinggian 8.300 meter sebelum akhirnya melanjutkan pendakian dan mencapai puncak.

Dalam pendakian ini, Watanabe dan rekannya melalui lintasan utara yang dimulai dari wilayah Tibet. Nenek tangguh kelahiran 21 November 1938 ini, berangkat dari Kathmandu pada bulan lalu. Meski berhasil mencapai puncak, namun rencana pendakian Watanabe ke puncak Everest ini sempat mengalami penundaan dan harus dijadwal ulang sebanyak 2 kali karena masalah cuaca yang berubah-ubah.

Bersama dengan 30 orang pendaki lainnya, pendakian menuju puncak Everest ini memang sedikit molor dari jadwal. Tadinya, Watanabe berniat mencapai puncak Everest pada Selasa (15/5) lalu, tapi lagi-lagi angin kencang yang ada di lereng gunung memaksanya untuk menunda rencananya tersebut.

Ketika kondisi cuaca mulai kondusif, pendakian kembali dilanjutkan hingga akhirnya Watanabe berhasil menginjakkan kaki di puncak Everest pada Sabtu pagi. Demikian seperti disampaikan oleh Kepala Kathmandu's Asian Trekking, Ang Tshering Sherpa, selaku penyelenggara ekspedisi ini, seperti dilansir oleh The Mainichi, Sabtu (19/5/2012).

Keberhasilan Watanabe mencapai puncak Everest ini juga merupakan pemecahan rekor dunia kategori wanita tertua yang berhasil menaklukkan Mount Everest. Watanabe mengalahkan rekornya sendiri, yang dicetak pada 16 Mei 2002 silam. Saat itu, Watanabe sukses mencapai puncak Everest melalui jalur selatan yang dimulai dari Nepal.

Watanabe yang seorang pensiunan karyawan dan berasal dari Prefektur Yamanashi, Jepang, ini merupakan salah satu dari dua wanita Jepang yang tercatat berhasil menaklukan Pegunungan Himalaya. Seorang wanita Jepang lainnya bernama Junko Tabei berhasil mencatatkan namanya sebagai wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Everest pada tahun 1975 silam.

Perlu diketahui, rekor dunia pria tertua yang berhasil mendaki Mount Everest dipegang oleh seorang pria Nepal bernama Min Bahadur Sherchan. Sherchan berhasil mencapai puncak Everest pada Mei 2008, ketika berusia 76 tahun. Sedangkan rekor pendaki termuda yang berhasil menaklukkan puncak Everest dipegang oleh seorang remaja asal Amerika Serikat (AS) bernama Jordan Romero. Romero berhasil mencapai puncak Everest pada tahun 2010 lalu, ketika usianya menginjak 13 tahun.




sumber :http://news.detik.com/read/2012/05/19/151440/1919929/1148/hebat-nenek-73-tahun-berhasil-taklukkan-puncak-everest?991101mainnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar