DAFTAR KHASIAT BUAH DAN SAYUR

Buah dan Sayuran Semua pasti tahu bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh manusia, :) namun mungkin Anda kurang jelas khasiat-khasiat tertentu dari sayur atau buah yang selama ini pernah Anda konsumsi. Dibawah akan dijelaskan khasiat dari banyak buah dan sayuran. Dari daftar buah dan sayuran dibawah ini, akan sangat membantu bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, so Anda perlu mengetahui beberapa tips diet untuk lebih menunjang keberhasilan usaha Anda untuk memiliki tubuh lebih kurus.


AVOKAD

Avokad terdiri atas 70% air, 20% lemak organik, dan 10% mineral-mineral. Vitamin yang terkandung di dalamnya adalah vitamin A, B, B2, B3, dan C. Avokad termasuk buah yang bagus jika dimakan setiap hari. Buah bergizi tinggi ini bisa dimakan dengan cara mencampur setengah avokad berukuran sedang dengan sayuran salad atau sayuran lalap, bisa juga dimakan tanpa campuran apa-apa. Dalam satu hari hanya setengah atau sebuah avokad yang dapat kita makan. Avokad tidak mengandung kolesterol dan bagus untuk melancarkan peredaran darah.

BROKOLI

Brokoli kaya potasium, fosfor, dan belerang. Komposisinya terdiri atas 90% air dengan kadar karbohidrat dan lemak yang rendah. Di dalamnya juga terdapat vitamin A. Brokoli merupakan pembersih tubuh yang baik dan dapat mengurangi berat badan. Sayuran ini enak dimakan mentah, baik dalam bentuk salad maupun lalap.

ASPARAGUS

Asparagus mengandung alkali yang dikenal sebagai aspargine. Alkali ini terdapat di dalam tanaman hidup. Tanpa zat itu tanaman tidak akan tumbuh dan hidup sehat. Alkaloid asparagus itu mengandung unsur-unsur karbon, hidrogen, nitrogen, silikon, fosfor, potasium, sodium, mangan, dan zat besi. Apabila asparagus dimasak, khasiat alkaloidnya berkurang karena unsur hidrogen dan oksigen yang terdapat di dalamnya akan hilang, unsur-unsur lainnya pun menjadi rusak, dan juga akan mengganggu ginjal. Dicampur dengan sari wortel, sari asparagus berfungsi sebagai diuretik atau pelancar air seni, tetapi pemakaiannya disarankan tidak terlalu banyak. Oleh karena zat di dalam asparagus dapat menghancurkan asam-oksalat di dalam ginjal dan di dalam jaringan otot, maka asparagus juga dapat menolong penderita rematik dan radang syaraf.

APEL

Apel mengandung banyak magnesium, zat besi, dan silikon. Di dalamnya juga terdapat potasium yang dapat melancarkan pencernaan, fosfor, sodium, kalium, belerang, dan klor. Apel juga mengandung vitamin A, B, C, dan G. Zat asam dalam apel terkenal sebagai zat pembersih tubuh serta penyembuh peradangan pada tubuh. Itulah sebabnya di Amerika ada istilah “an apple a day will keep the doctor away” atau makan sebutir apel sehari maka dokter tidak diperlukan lagi.

KOL (KUBIS)

Di dalam kol terdapat klor, kalsium, dan zat besi. Kol juga kaya vitamin A, B, C, G, dan U. Dr. Chaney dari fakultas Kedokteran Universitas Standford menyatakan bahwa vitamin U yang ada di dalam kol dapat menyembuhkan borok perut. Vitamin ini dapat diperoleh dengan meminum sari kol. Namun, jika kol dicampur dengan garam akan mengganggu pencernaan.

MENTIMUN

Mentimun merupakan sumber gizi yang baik, mengandung vitamin A, B, dan C. Di dalamnya banyak terdapat potasium, zat besi, magnesium, silikon dan klor. Sari mentimun merupakan salah satu pelancar air seni yang baik. Di samping itu mentimun sangat baik untuk menumbuhkan rambut karena mengandung banyak silikon dan belerang, apalagi jika dicampur dengan sari wortel, lettuce (selada krop), dan bayam. Campuran sari mentimun, wortel, dan beet sangat menolong penderita rematik.

BEET

Sari beet mengandung zat yang dapat membentuk butir-butir darah merah. Bagi mereka yang mengalami gangguan menstruasi, sari beet ini sangat baik diminum tiga kali sehari sebanyak setengah gelas setiap kali minum. Jangan minum sari beet terlalu banyak karena bisa menimbulkan rasa pusing akibat sifat pembersih tubuhnya yang agak keras, terutama sebagai pembersih hati. Dalam sehari jangan minum lebih dari setengah liter sari beet. Kombinasi beet dan sari wortel dengan perbandingan 1:1 gelas sangat baik membentuk sel-sel darah merah. Dengan adanya zat potasium, kalium, dan klor di dalam beet, sarinya dapat digunakan untuk membersihkan hati, ginjal, kantong empedu, dan merangsang aktifnya kelenjar-kelenjar tubuh. Umbi dan batang beet dapat digunakan bersama-sama.

BUNGA KOL

Bunga kol mengandung potasium, fosfor, dan belerang. Sayuran ini terdiri atas 90% air yang mengandung protein. Jika dimakan terlalu banyak akan mengganggu ginjal, tetapi nilai gizinya cukup baik.

CELERY

Celery adalah sayuran sejenis seledri dengan batang yang lebih besar dari seledri (sebesar ibu jari). Celery mengandung sodium organik empat kali lebih banyak daripada kalsiumnya. Selain itu juga mengandung potasium, belerang, magnesium vitamin A, B, C, dan E. Banyaknya kandungan sodium organik di dalamnya, membuat celery dapat membersihkan sisa-sisa makanan berupa gula, tepung yang lengket (kanji), roti putih, kue, serta makanan yang tergolong berkarbohidrat pekat. Dengan bantuan sodium organik, sisa makanan yang telah mengeras dan menumpuk di dalam tubuh dapat dihancurkan dan dikeluarkan. Ketika musim panas, minum segelas celery pada pagi hari dan satu gelas pada siang hari dapat mengatur suhu badan tetap normal dan tubuh lebih segar. Selain itu, celery merupakan penguat urat saraf dan pembuang karbondioksida dari tubuh.

DANDELION

Dandelion adalah sejenis bunga yang sering tumbuh sebagai tanaman liar. Bunganya kuning dan daunnya hijau agak bergerigi. Dandelion mengandung potasium, kalsium, sodium, magnesium dan silikon. Manfaatnya antara lain: menguatkan gigi, mencegah penyakit gusi, dan dapat menguatkan kerangka tubuh manusia serta mencegah lunaknya tulang.

LETTUCE

Lettuce adalah sejenis selada. Lettuce mengandung banyak potasium, sodium, kalsium, fosfor, dan yodium. Selain itu, lettuce juga kaya akan magnesium dan zat besi. Magnesium dalam lettuce mampu menghidupkan jaringan-jaringan otot, otak, dan saraf. Zat penting yang terdapat dalam tanaman ini merupakan penyusun sel, terutama sel-sel saraf dan jaringan sel paru. Rutin meminum campuran sari wortel, lettuce, dan bayam dengan takaran kurang lebih ½ gelas wortel, ¼ gelas lettuce, dan ¼ gelas bayam setiap hari akan melengkapi kebutuhan pertumbuhan rambut dan akan memberi makan urat saraf serta akar rambut. Dengan mengikuti cara ini pertumbuhan rambut akan dirangsang. Sari lettuce, apalagi bagian luarnya yang berwarna hijau sangat bermanfaat bagi penderita penyakit paru dan penyakit lambung (maag). Bahkan bisa manjadi peluruh kencing.

LEMON

Lemon kaya dengan bio-havonoid (zat hidup yang terdapat dalam lemon yang merupakan persenyawaan dari zat) yang kalau diminum sarinya akan memberi efek kesehatan pada tubuh dan memperpanjang usia. Kandungan vitamin C yang cukup banyak dalam lemon dapat membantu menyembuhkan influenza.

BAWANG MERAH DAN BAWANG BOMBAY

Di dalam bawang terdapat vitamin A, B, C, dan G. Selain itu, terdapat juga beberapa mineral, seperti potasium, belerang, fosfor, kalsium, klor, magnesium, zat besi, dan iodin. Bawang dapat membereskan pencernaan. Ada dua macam bawang yang bisa digunakan secara bersama karena khasiatnya juga sama, yakni bawang merah dan bawang bombay.

BAWANG PUTIH

Sari bawang putih sangat menolong untuk memperbaiki susunan fungsi tubuh, termasuk merangsang selera makan, membersihkan getah lambung, dan sebagai peluruh kencing. Eter di dalam bawang putih begitu kuat dan gampang merembes sehingga dapat menghancurkan lendir-lendir yang sudah menggumpal di dalam tubuh. Eter dapat menolong mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh melalui pori-pori. Sari bawang putih telah terbukti dapat membersihkan kuman-kuman dan parasit dari dalam usus. Orang-orang yang terkena disentri dapat tertolong karena minum sari bawang putih. Beberapa jenis penyakit bisa diatasi dengan meminum sari bawang putih, apalagi jika dicampur dengan sari-sari sayuran lainnya. Sari bawang putih sangat baik diminum oleh mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

BAYAM

Di dalam bayam terdapat potasium, sodium, iodin, magnesium, fosfor, belerang, dan zat besi. Bayam juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan G. Setengah liter sari bayam yang diminum per hari akan menghilangkan sembelit dalam beberapa hari. Kegunaan lain bayam mentah adalah mencegah penyakit pada gigi dan gusi. Selain minum sari bayam juga dianjurkan minum sari wortel yang banyak mengandung vitamin C dan E. Kurangnya vitamin E dalam tubuh dapat mengakibatkan keguguran, impotensi, dan kemandulan baik pria maupun wanita.

PEPAYA

Sari pepaya yang masih hijau berisi sejenis zat yang disebut papain. Zat itu berfungsi sebagai pepseni yang mengubah zat telur menjadi peplon di dalam proses pencernaan. Selain papain, pepaya juga berisi zat fibrin yang dapat menolong pencernaan dan pengentalan darah. Sari pepaya yang masih hijau dapat menolong menyembuhkan borok perut dalam waktu relatif singkat.

PAPRIKA

Sari paprika mengandung banyak silikon dan sangat bagus untuk pertumbuhan rambut dan kuku. Campuran 75% sari wortel dan 25% sari paprika dapat membersihkan kulit serta membuang gas dari perut dan usus.

STROBERI

Buah berwarna merah ini berisi banyak zat gula dan zat besi, sehingga sangat bagus untuk mencerahkan wajah, bahkan sari stroberi adalah salah satu pembersih kulit yang terbaik. Roman wajah kurang menarik, kurang darah (anemia), kulit terkupas, hati lemah, sembelit, acidosis, radang selaput lendir, gunakanlah sari stroberi dengan teratur setiap hari. Bahkan stroberi terbukti mampu menguatkan saraf tubuh.

TOMAT

Tomat mengandung banyak magnesium, zat besi, fosfor, klor, belerang, kalsium, sodium, iodine, dan asam amino. Di dalam tomat juga kaya dengan vitamin A, B, C, dan G. Sari tomat berguna untuk membantu metabolisme tubuh jika diminum tanpa dimasak. Zat asam akan menjadi anorganik dan akan mengganggu susunan saraf tubuh serta menimbulkan pengerasan dalam ginjal atau kantong kemih jika tomat dimasak dan ditambah dengan gula.

NANAS

Nanas kaya mineral, seperti potasium, klor, sodium, fosfor, magnesium, belerang, kalsium zat besi, dan iodin. Vitamin yang ada di dalam nanas adalah vitamin A, B, C, dan G. Adanya zat ragi bromelani (sejenis enzim) di dalam sari nanas yang tidak dimasak, menjadikan nanas sebagai anti peradangan yang baik. Kegunaan lain sari nanas hampir sama dengan kegunaan tomat.

KACANG PANJANG

Sari kacang panjang sangat menolong penderita kencing manis atau penyakit gula (diabetes melitus). Dari segi makanan, penyakit gula terjadi karena jumlah zat kanji dan gula yang ada di dalam tubuh berlebihan. Hal ini dapat bertambah buruk jika ditambah dengan daging. Penyuntikan insulin ke dalam tubuh tidaklah terlalu besar manfaatnya untuk penyembuhan. Penyebabnya adalah insulin yang disuntikkan itu bersifat anorganik, sedangkan yang dibutuhkan tubuh adalah insulin organik. Sari kacang panjang yang dicampur dengan sari taoge akan membantu unsur insulin organik yang berfungsi sebagai kelenjar ludah perut (insulin saja atau campuran sari kacang dan taoge) untuk membantu proses pencernaan.

SELADA AIR

Selada air mengandung belerang, kalsium, sodium, magnesium, dan zat besi. Campuran sari bayam, lettuce, wortel, dan selada air merupakan kombinasi yang penting dalam pembentukan darah baru, terutama menambah oksigen di dalam peredaran darah. Campuran ini juga sangat baik untuk menolong penderita anemia, darah rendah, dan berat badan kurang. Campuran selada air dengan wortel, peterseli, dan sari kentang dapat membantu penderita emfisema (kanker paru).

KENTANG

Sari kentang mengandung zat gula yang jika dimasak akan berubah menjadi tepung kanji. Jika kentang dan daging dimasak bersama akan meningkatkan racun solanin (sejenis racun alkali berwarna hijau di dalam kentang yang dapat mempengaruhi dan mengganggu urat-urat saraf pada alat kelamin). Namun, sari kentang mentah ternyata terbukti sebagai pembersih kulit. Pembersihan kulit ini dapat terjadi kerena di dalam kentang terdapat banyak potasium, belerang, fosfor, dan klor. Jika kentang dimasak unsur-unsurnya akan berubah menjadi atom-atom anorganik dan tidak banyak manfaatnya dalam membangun jaringan tubuh.

SEMANGKA

Semangka adalah salah satu jenis makanan yang paling gampang dicerna jika tidak dicampur dengan bahan lain. Apabila semangka dijus atau diambil sarinya, sebaiknya kulit bagian dalamnya juga ikut dibuat jus karena kulit tersebut kaya mineral, enzim, dan klorofil. Mineral-mineral yang terdapat dalam semangka adalah potasium, fosfor, dan magnesium. Vitamin-vitamin yang ada dalam semangka adalah A, B, B2, dan C. Sari kulit bagian dalam semangka dapat membersihkan ginjal.

KACANG KEDELAI

Kadar protein kacang kedelai mencapai 34,1%, karbohidrat 33,5%, lemak 17,7%, air 10,0% dan ampasnya 4,7%. Kadar protein kedelai hampir dua kali lipat dari kadar protein hewani (protein daging sapi hanya 18%). Selain kandungan protein yang tinggi, kacang kedelai juga mengandung vitamin A, B1, dan F. Kandungan vitamin F dalam kacang kedelai memudahkan transportasi oksigen melalui darah ke semua sel, jaringan, dan organ. Selain itu, vitamin F juga membantu lubrikasi semua sel, menolong proses pembekuan darah, membuat kulit selalu tampak bercahaya. Kacang kedelai juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan pengerasan pembuluh darah. Khasiat susu kedelai empat kali lebih besar daripada khasiat tahu dan dua kali lebih besar daripada khasiat tempe.

WORTEL

Wortel mengandung banyak vitamin A, selain vitamin lainnya seperti vitamin B, C, D, E, G, dan K. Sari wortel berisi hampir semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Di samping itu, wortel juga berisi belerang, klor, dan fosfor. Bahkan, wortel merupakan salah satu sumber kalsium terbaik sehingga jika diminum setengah liter setiap hari lebih besar nilainya dalam membangun tubuh daripada meminum 10 kilogram tablet kalsium. Sari wortel merupakan pelarut yang baik untuk borok dan kanker, dapat menahan infeksi, dan sangat efisien dalam membantu kelancaran kerja adrenalin. Selain itu sari wortel juga dapat mengatasi infeksi pada mata, kerongkongan (tonsil), rongga hidung, melindungi susunan saraf, organ pernafasan, serta menambah kekuatan dan kesegaran tubuh. Dengan meminum sari wortel, hati dapat dibersihkan dan bahan-bahan penyumbat di dalamnya dapat dilarutkan. Begitu banyaknya larutan yang dikeluarkan dari dalam tubuh, warna kulit sering tampak menguning karena sebagian larutan itu dikeluarkan melalui pori-pori. Jadi jika terjadi perubahan kulit setelah minum sari wortel atau sayuran lain, menandakan hati sedang dalam proses pembersihan. Kemandulan kadang-kadang juga dapat diatasi menggunakan sari wortel. Kemandulan kemungkinan disebabkan oleh makanan yang atom dan enzimnya sudah rusak karena dimasak. Unsur-unsur yang ada di dalam wortel sangat dibutuhkan untuk melengkapi unsur yang kurang itu.

PEGAGAN (DAUN KAKI KUDA)

Pegagan mengandung zat glikosida triterpenoid; alkaloid hidrokotilin; steroid; tannin; minyak asiri; dan garam-garam mineral, seperti kalium, natrium, megnesium, kalsium, dan besi. Pegagan digunakan untuk aneka penyakit, seperti penyakit kulit, sakit perut, radang usus, batuk, asma, bronchitis, peluruh air seni, obat kumur untuk sariawan, obat borok perut, luka pada kulit, dan lepra. Tanaman ini juga tergolong sebagai pereda atau penenang dan penguat jantung yang dapat memperbaiki daya ingat dan penenang orang yang kurang waras. Daun kaki kuda ini dapat dilalab untuk pencegahan penyakit, dapat direbus untuk sayuran, dan dapat diambil sarinya untuk terapi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar